Jumat, 08 November 2013

Kotak korek api



Saya baru kenal istilah ini pas lihat video seminarnya kek @jamilazzaini. Jadi ada bagian beliau menggunakan istilah itu. Beliau tanya dulu apakah binatang yang bisa loncat paling tinggi dibandingkan ukuran tubuhnya. Banyak audien yang salah jawab. Kalau saya kebetulan ada diantara audien disana saya juga pasti salah jawab. Ternyata jawabannya adalah kutu anjing. Saya juga baru tahu itu. Kemudian beliau jelaskan bahwa kutu ini bisa loncat dengan ketinggian sampai 300 x ukuran tubuhnya. Kemudian kutu anjing ini dimasukkan dalam kotak korek api selama beberapa waktu. Di dalam kotak korek api tersebut dia mencoba-coba loncat tapi selalu tertahan pada dinding kotak korek api. Dan itu terjadi berulang-ulang. Setelah dikeluarkan dari kotak korek api tersebut, betapa bahagianya dia karena bisa meloncat dengan bebas lagi. Tapi sayangnya,  kutu anjing ini hanya bisa lompat setinggi ukuran kotak korek api ini.
Terlepas dari apakah pemaparan itu hasil dari penelitian atau tidak. Yang pasti kondisi itu yang menurut beliau terjadi pada manusia. Contohnya saja saya. Saya juga merasakan hal yang sama. Tetapi sayapun tidak bisa detail menyebutkan apa dan bagaimana bentuk kotak korek api saya. Tapi yang saya rasakan saya sering berpuas diri ketika sudah bisa melompat atau dalam hal ini memperoleh prestasi, padahal sebenarnya hanya setinggi kotak korek api. Padahal mungkin saja saya berpotensi untuk memperoleh prestasi yang jauh lebih tinggi dari yang saya dapatkan tersebut. Padahal bisa jadi alloh memberikan saya kemampuan 300 x dari yang selama ini sudah terasah. Kotak korek api kehidupan ini bisa berupa teman, lingkungan, bangku pendidikan dll. Bahkan sebagian beranggapan bangku pendidikan yang paling tinggi potensinya jadi kotak korek api. Karena hampir 20an tahun lamanya di bangku itu.
Pesannya adalah jangan sampai kotak korek api kita menghalangi kita untuk bisa melompat setinggi-tingginya dengan keistimewaan yang alloh berikan buat kita. Ya hanya buat kita. Karena kita masing-masing istimewa. Jangan sampai kita seperti kutu anjing malah sudah lupa bahwa dia punya kemampuan melompat 300 x ukuran tubuhnya.
Selamat mencari hikmah..
@yudhiburhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar