Senin, 27 Juni 2011

mutiara kusam

Siapa yang tidak pengen menjadi nomer 1, berprestasi dan dihargai karya-karyanya?
Mungkin semua kita menjawab ya untuk pertanyaan tersebut.
Setiap orang terlahir berbeda, tidak ada yang identik. Karenanya setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pepatah jawa mengatakan seje silit seje anggit. Itu sudah kodrat alam, dan yang harus kita lakukan bagaimana mengenali diri kita untuk memaksimalkan potensi kelebihan kita, dan memperbaiki dan menutupi kekurangan-kekurangan kita.
Perbaikan diri adalah penting, namun yang tidak kalah penting adalah membuat potensi kita itu bermanfaat positif dan bernilai kebaikan bagi orang lain. Dan pastinya dengan begitu, kebaikan juga yang akan balik kepada kita. Karena reaksi pertama dari sebuah kebaikan adalah kebaikan juga.
Makanya kita harus bisa menjual diri kita agar kita dimanfaatkan dan diprioritaskan untuk hal tertentu oleh orang lain, bisa oleh atasan kita, teman kita, atau siapa saja.
Tidak masalah kita sekarang menjadi orang yang diperhitungkan, karena ada pepatah orang yang paling berbahaya adalah orang yang tidak diperhitungkan keberadaannya. Kita ibaratkan kita adalah mutiara yang menunggu untuk ditemukan. Ada bayak cara yang mutiara lakukan :
a. Mutiara 1 mulai menggosok badannya agar semakin berkilau, sehingga sadar tidak sadar, mau tidak mau akan menyilaukan mata manusia sekelilingnya. Maka mereka akan mengambilnya, dan akan membantunya menggosok badannya dengan senang hati. Karena mereka merasa mendapat manfaat dari keindahannya; atau
b. Mutiara 2 berkelakar kalau dia adalah mutiara yang indah dan meyakinkan manusia bahwa dia sangat indah untuk dijadikan perhiasan. Padahal dia tetap mutiara yang kusam. Manusia pasti tidak mau mengambilnya. Sekalipun ada yang mau, pasti dijadikan batu penghias akuarium, atau campuran semen untuk bahan bangunan. Dan sekalipun ada yang tertipu menggunakan nya sebagai perhiasan, suatu saat manusia akan membuangnya dengan sangat marah, karena dia telah membuat manusia menjadi bahan ketawaan manusia yang lain.
c. Mutiara 3 akan menunggu sampai kiamat datang , dan dia sangat yakin akan ada manusia yang tertarik dengan mutiara yang kusam.
Mutiara diatas hanyalah symbol. Mutiara adalah barang berharga bagi manusia, dia memiliki banyak kelebihan dalam keindahannya. Namun hanya mutiara yang paling berkilau yang paling diminati manusia. Kita juga demikian, kita adalah sperma pemenang diantara sperma yang lain. Kita memilik banyak potensi, banyak kelebihan yang dibutuhkan orang lain. Hanya mungkin mereka belum tahu saja. Menjadi tugas kita masing-masing membuat meraka tahu. Caranya, silahkan memilih salah satu cara yang mutiara di atas? Atau mungkin anda punya cara lain yang lebih baik?
Share to me?
Burhan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar